Pendaftaran Merek

  • logindeva 

 

Merek merupakan hal yang sangat penting bagi pelaku usaha. Bisa dibilang Merek merupakan “wajah” atas usaha yang sedang dilakukan oleh pengusaha. Yang mana ” wajah” tersebutlah yang akan muncul pertama kali untuk menyebutkan produk yang dimiliki pengusaha. Oleh karena itu, pendaftaran Merek tidak boleh dikesampingkan oleh Pengusaha.

“Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 (tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.” (Undang-undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis)

Bagi Anda Pengusaha, yang sedang menjalankan usaha pastikan anda mendaftarkan merek Produk anda. Karena dengan mendaftarkan merek anda, Anda menunjukan kepemilikan atas produk yang Anda jual atau pasarkan.
Contohnya, Anda menjual produk Kopi dengan nama “Kopi Cinta”, dan sangat laris dipasaran. Orang lain bisa saja menjual kopi dengan merek yang sama “Kopi Cinta” dan mendaftarkan Merek tersebut atas kepemilikannya. Nah jangan sampai hal ini menimpa Anda.

Fakta & Mitos Pendaftaran Merek
Pendaftaran Merek lama?
Fakta
. Secara Formil (sesuai dengan peraturan Perundang-undangan) pendaftaran Merek memang bisa dibilang lama. Anda membutuhkan setidaknya lebih dari 150 hari (5 bulan). Hal ini karena terdapat waktu-waktu lamanya proses pendaftaran merek sampai dnegan diterbutkannya sertifikat merek. Diatur dalam pasal 23 (5) UU Merek & Indikasi geografis : Pemeriksaan substantif sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dan ayat (4) diselesaikan dalam jangka waktu paling lama 150 (seratus lima puluh) Hari.

Pendaftaran merek Rumit?
Mitos.
Sebenarnya pendaftaran merek tida susah, namun perlu dipastikan bahwa logo atau merek yang akan Anda daftarkan sudah fix dan sudah siap. Selanjutnya Anda perlu mengisi formulir pendaftaran merek. Pada bagian ini memang memerlukan kemampuan khusus. Karena banyak kolom yang mungin anda sebagai Pengusaha tidak fahami. Seperti Deskripsi Merek, Nomor KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia), dan dokumen-dokumen lainnya. Bagian khusus ini tidak boleh diisi sembarangan karena akan mempengaruhi sampai sejauh mana merek anda dilindungi oleh hukum. Selain itu, jika Anda tidak mengisinya dengan benar permohonan Merek anda bisa ditolak.


Pendaftaran Merek Mahal?
Mitos.
Biaya untuk mendaftarakan merek tidaklah mahal jika dibandingkan dengan perlindungan hukum yang anda dapatkan dari mendaftarkan merek. Bayangkan jika usaha yang sudah anda rintis dengan jerih payah lenyap begitu saja saat merek yang sudah anda besarkan di klaim oleh pihak lain atas kepemilikannya. pastinya sakitnya tuh disini… Dengan mendaftarkan merek, Anda malah bisa mendapatkan keuntungan. misalnya dengan melakukan kerjasama frenchise menggunakan merek anda. Orang lain malah akan membayar Anda jika menggunakan merek yang anda sudah miliki.

 

Sekian dulu ulasan mengenai Pendaftaran Merek, silakan kirimkan email jika ada pertanyaan atau ada topik lainnya yang ingin kita ulas di sesi berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *