Apakah wilayah kerja Notaris dibatasi?

  • logindeva 

Sebelumnya saya ingin menceritakan pengalaman berbincang dengan para teman-teman yang berprofesi sama-sam dibidang hukum, menanyakan apakah ada pembatasan wilayah kerja Notaris? Beberapa bahkan beranggapan bahwa wilayah kerja Notaris meliputi Seluruh Wilayah di Indonesia (seperti Advokat). Namun, yang banyak tidak diketahui bahwa Wilayah Kerja Notaris hanya meliputi satu Provinsi saja. Berikut Penjelasannya.

Berdasarkan Pasal 18 ayat (2) Undang-undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris Jo. Undang-undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Perubahan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris, menyatakan bahwa Notaris mempunyai wilayah jabatan meliputi seluruh wilayah provinsi dari tempat kedudukannya.

Artinya bahwa Notaris hanya berwenang membuat akta notaris diwilayah kerjanya, yaitu dalam satu provinsi. “membuat akta” dalam hal ini adalah, menghadap notaris, membacakan, menandatangani.

Sebagai contoh

Seorang hendak mendirikan PT yang mana tempat kedudukannya berada di kota Madiun. Maka akta pendiriannya harus dibuat oleh notaris yang wilayah kerjanya di Jawa Timur. Dengan kata lain tidak bisa dibuat oleh Notaris yang wilayah kerjanya diluar Jawatimur, misalnya Notaris Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali dan lain-lain.

Logika yang dibangun terhadap ketentuan wilayah kerja Notaris ini berkaitan dengan Pembuatan Akta Otentik yang dibuat Notaris.  Dalam pembuatan akta Otentik oleh Notaris, para pihak wajib menghadap dan membacakan akta di hadapan para pihak, dan ditanda tangani di wilayah kerjanya. Sehingga dalam hal ini diasumsikan Notaris dan para pihak masih dapat berhadapan jika dalam satu provinsi.

Sebaliknya, tidak logis bila para pihak dan Notaris berada di wilayah yang berbeda provinsi. Misal Notaris Jawa Timur, membuat akta otentik untuk para pihak yang berada di  Medan Sumatera Utara. Akan sangat sulit untuk memenuhi syarat pembuatan akta otentik (yaitu menghadap & dibacakan dihadapan Notaris).

Oleh karena itu para stakeholder telah membatasi wilayah kerja Notaris meliputi satu wilayah Provinsi.

Demikian artikel ini semoga dapat membatu teman-teman praktisi hukum dalam memahami wilayah kerja Notaris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *